Jumat, 03 Juni 2016

CONTOH PROFIL USAHA KECIL DAN MENENGAH WARUNG SAYURAN DAN LAUK SIAP SAJI


Nama Pemilik Usaha               :  Emy Hana Anin
Alamat                                    :  Jl. Gedung Pramuka, Kompleks Belakang Stim Depan SLBN
No.Telepon                             :  081239557185
LATAR BELAKANG USAHA
Ibu Emy Hana Anin adalah seorang penjual sayuran dan lauk siap saji yang  sudah menjalankan bisnisnya selama kurang lebih 5 tahun. Pada awal menjalankan usahanya, ibu Emy hanya bekerja sebagai buruh cuci pakaian . adapun  motivasi dari ibu Emy menjalankan pekerjaan ini adalah untuk menambah pendapatan keluarga dan untuk membiayai sekolah anaknya. Uang hasil cuciannya digunakan sebagai modal  untuk menjual bensin dan sayuran mentah. setelah beberapa lama kemudian usahanya berkembang lagi. Dengan keuletan dan ketrampilan yang dimilikinya, ibu Emy membuka sebuah warung kecil untuk menjual sayuran dan lauk siap saji.


di samping juga dia menyediakan kebutuhan untuk konsumsi setiap hari untuk melengkapi dan meramaikan usahanya, seperti supermi,dan berbagai jenis minuman seperti ABC MOCCA, WHITE COFEE, ALE-ALE, dan lain sebagainya. Dalam proses pembuatan sayuran dan lauk siap saji ini, ibu Emy dibantu oleh beberapa orang rekannya yang merupakan saudari/ anggota keluarganya sendiri. Proses dan tempat penjualannya juga  berupa warung/ kios kecil yang terletak didepan rumahnya ibu Emy sendiri.

(Tampak Depan Warung Ibu Emy)

BAHAN BAKU
Bahan baku untuk membuat sayuran dan lauk siap saji ini adalah berbagai jenis bahan tergantung jenis sayuran dan lauk tersebut. Misalnya tahu/tempe, pisang (untuk jenis gorengan), daging ayam, telur,  ikan, sayuran daun ubi, kacang panjang, wortel, mentimun, dan sebagainya.untuk mendapatkan bahan baku ini ibu Emy membelinya di pasar .di pasar tersebut ibu Emy sudah  mempunyai langganan khusus sebagai sumber bahan bakunya. Untuk mengolah berbagai jenis bahan baku ini dibutuhkan waktu 2-3 jam hingga sayuran dan lauk siap saji ini siap untuk dijual.
PENDAPATAN/KEUNTUNGAN
Dalam menjalankan usahanya menjual sayuran dan lauk siap saji ini ibu Emy mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan dengan pendapatan terendahnya sekitar Rp 400.000/ hari.
Banyaknya pelanggan yang datang, membuat ibu Emy harus memasak sampai 3 kali dalam sehari, sehingga keuntungan atau pendapatan yang diperoleh pun lebih dari pengeluaran  biaya bahan bakunya.


KENDALA/HAMBATAN
Adapun kendala yang sering dialami adalah pada saat hari libur, baik itu libur panjang maupun hari fakultatif seperti hari Sabtu, sayuran dan lauknya sering tidak laku. Kalau yang seperti biasanya ibu Emy memasak sampai 3 kali dalam sehari, tapi pada saat hari libur hanya satu kali masak saja.
RENCANA/PLANNING SELANJUTNYA
Rencana ibu Emy sendiri kedepannya adalah ingin mengembangkan usahanya yaitu dengan mebuat warung yang lebih besar lagi, bukan saja untuk membuat sayuran dan lauk siap saji, tetapi juga membuka warung makan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar